Selasa, 31 Agustus 2010

Di India Lebih Banyak Ponsel Dibanding WC


DI India pada akhir 2008 tercatat 545 juta orang atau 45% dari total jumlah penduduk memiliki ponsel. Ironisnya, hanya 31% atau 366 juta orang warga India yang memiliki akses atas sanitasi yang baik. Begitu bunyi laporan Zafar Adeel, Direktur Institute for Water, Environment and Health (IWEH) di UNU sekaligus pemimpin UN-Water - lembaga PBB yang menangani sumber daya air.

"Siapa pun yang mengacuhkan persoalan sanitasi di negeri berpenduduk terbesar ke-2 di dunia ini sama saja mem­biarkan 1,5 juta anak meninggal karena air yang tercemar dan sanitasi yang bu­ruk,” sindir Adeel.

Laporan Adeel itu merupakan bagian dari kinerja IWEH untuk mempercepat langkah ke arah ter­capainya Millenium Development Goal (MDG). Yakni usaha untuk mengurangi proporsi orang tanpa akses ke air yang aman dan bersih.

Jika kecenderungan global saat ini berlangsung terus, WHO dan UNICEF meramalkan pada 2015 akan muncul musibah besar yang menyebabkan kematian hingga 1 miliar jiwa akibat buruknya sistem sanitasi.

Untuk menetapkan kembali bantuan pembangunan resmi dengan 0,02% produk domestik kotor ke sektor pemeli­haraan kesehatan, UNU menyatakan bi­ayanya sebesar 300 dolar AS untuk mem­bangun satu toilet, termasuk tenaga kerja, material, dan sarana.

“Namun,” lanjut Adeel, “PBB bisa mendapatkan pengembalian sekitar 3 do­lar AS bagi setiap dolar yang dikeluarkan untuk kebersihan.” Hal itu bisa diwujud­kan melalui pengentasan kemiskinan dan biaya kesehatan serta produktivitas yang lebih tinggi dengan membuka peluang ekonomi seluas-luasnya.

Bookmark and Share

2 komentar:

Cybers Senin, September 20, 2010  

hahaha wc nya ko ga ada ya kalo ada yang mau buang air besar paling juga ngadorat alias buang di darat hik2 http://cybershiit.blogspot.com/

Posting Komentar

  ©Template by Dicas Blogger.

TOPO