Selasa, 31 Agustus 2010

i-CHAT, Aplikasi & Portal untuk Tunarungu



PARO April lalu, PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk (TELKOM) meluncurkan sebuah aplikasi dan portal yang akan membantu masyarakat, khususnya para guru Sekolah Luar Biasa (SLB) Tunarungu dan orangtua, dalam proses pembelajaran bahasa. Peluncuran aplikasi dan portal yang diberi nama i-CHAT itu dilakukan di Menara RDC TELKOM di Bandung oleh Di­rektur Utama TELKOM Rinaldi Firmansyah didampingi Senior General Manager RDC TELKOM, Mustapa Wangsaatmaja.

Aplikasi dan portal i-CHAT (I Can Hear And Talk) adalah wujud komitmen Corporate So­cial Responsibility (CSR) TELKOM, dan meru­pakan bagian dari program Bagimu Guru Kupersembahkan yang bertujuan membantu meningkatkan kapasitas para guru di Indo­nesia. Sasaran akhir dari peluncuran aplikasi dan portal i-CHAT adalah tersedianya me­dia bagi komunitas Tunarungu di Indonesia untuk berinteraksi, saling berbagi ilmu dan pengetahuan, dan metode pembelajaran ba­hasa, sehingga mereka mampu berkomuni­kasi, bersosialisasi, tumbuh dan berkembang layaknya orang normal.

Menurut Mustapa, gagasan menciptakan teknologi yang ditujukan untuk kalangan berkebutuhan khusus tersebut didasarkan pada pemikiran bahwa Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) mampu memberikan manfaat besar bagi seluruh umat manusia, baik yang nor­mal maupun berkebutuhan khusus. Manfaat tersebut tentu saja diharapkan dapat mem­buat kualitas hidup dan kehidupan manusia Indonesia menjadi lebih baik.

“Pengembangan aplikasi dan portal i- CHAT yang dilakukan oleh RDC TELKOM, didorong oleh semangat untuk memper­cepat dan memperluas partisipasi masyara­kat dalam ikut mengatasi problema kalangan tunarungu, khususnya terkait kemampuan berbahasa mereka,” ujar Mustapa.

Menyusul peluncurannya, TELKOM melakukan pelatihan singkat tentang ap­likasi i-CHAT kepada 50 puluh guru dari berbagai SLB yang ada di Bandung dan Jawa Barat yang pelaksanaannya dilaku­kan bersamaan dengan pelatihan reguler Bagimu Guru Kupersembahkan. Bookmark and Share

0 komentar:

Posting Komentar

  ©Template by Dicas Blogger.

TOPO